Program Studi D3

Written by ICT STFM
Hits: 4004

Ijin Penyelenggaraan dengan SK Mendiknas No. 197/D/ 0/2005 Tgl. 29 Desember 2005.

Program studi Diploma III Farmasi saat ini telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor : 013/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/VI/2012. Pengembangan pendidikan tenaga ahli madya farmasi merupakan bagian integral dari program pengembangan tenaga kesehatan pada umumnya. Pendidikan tenaga ahli madya farmasi ditujukan untuk mendidik para peserta didik menjadi tenaga kesehatan yang terampil dan ahli sehingga dapat melaksanakan tugas secara optimal, baik secara mandiri maupun bekerja sama. Tenaga ahli madya farmasi dalam hubungannya dengan upaya kesehatan merupakan tenaga profesional dalam bidang pengelolaan data dan informasi kesehatan yang lengkap, akurat dan tepat waktu guna perencanaan dan pengambilan keputusan upaya kesehatan. 

 

Visi Program Studi D-3 Farmasi Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang

“Menjadi Program Studi D-3 Farmasi yang unggul dalam pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan kefarmasian untuk menghasilkan Ahli Madya Farmasi yang berkompeten, Professional dibidang Farmasi, memiliki nilai - nilai Kemuhammadiyahan serta mampu bersaing di era global.

Yang dimaksud Program Studi D-3 Farmasi yang unggul dalam pendidikan adalah menjadi program studi yang berkualitas dalam pendidikan, program studi yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan kefarmasian artinya menjadi Program Studi D-3 Farmasi pertama di Banten yang menguasai Ilmu pengetahuan kefarmasian mulai dari cara penanganan resep sampai kepada cara pembuatan sediaan farmasi.. Menghasilkan Ahli Madya Farmasi yang berkompeten artinya mampu mengaplikasikan konsep teoritis bidang farmasi tingkat madya, professional dibidang farmasi artinya mempunyai disiplin kerja yang tinggi sebagai perwujudan dari komitmen atas pekerjaannya di bidang Farmasi, memiliki nilai - nilai Kemuhammadiyahan artinya menjadikan lulusan yang beriman kepada Allah SWT dan berahlak mulia. Mampu bersaing di era global artinya mampu bersaing dalam dunia internasional dengan adanya persaingan yang semakin kompetitif.


Misi
Program Studi D-3 Farmasi Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang (Catur Darma Perguruan Tinggi) 

1.  Memberikan pendidikan dan pengajaran dibidang farmasi melalui kurikulum yang berbasis kompetensi yang dapat menunjang kompetensi farmasi.

2.  Membekali mahasiswa dengan kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan Informasi Teknologi (IT) sebagai fasilitas penguasaan ilmu dan sarana komunikasi global.

3.  Melaksanakan penelitian dibidang ilmu kefarmasian (Pharmaceutical Science) dalam upaya pendalaman dan pengembangan ilmu kefarmasian.

4.  Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan sebagai upaya menumbuh-kembangkan kepekaan dan tanggung jawab sosial segenap civitas akademik.

5. Melaksanakan pendidikan kemuhammadiyahan dalam rangka menyiapkan Ahli Madya Farmasi yang beriman dan berakhlak mulia.

6. Meningkatkan kerjasama baik dengan Institusi di dalam dan luar negeri. 

 

 Tujuan Program Studi D-3 Farmasi Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang

1.  Menghasilkan Ahli Madya Farmasi yang kompeten dan  mampu menerapkan konsep teoritis pada berbagai bidang ilmu kefarmasian.

2.  Menghasilkan Ahli Madya Farmasi yang mampu bersaing di era global dan siap memasuki dunia kerja baik nasional maupun di tingkat internasional.

3.  Menghasilkan Ahli Madya Farmasi yang mampu menyediakan dan memberikan informasi terkait obat dan pengobatan.

4.  Menghasilkan Ahli Madya Farmasi yang mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan farmasi untuk pengabdian kepada masyarakat.

5.  Menghasilkan Ahli Madya Farmasi yang berakhlak mulia, mampu bertindak secara bertanggung jawab sesuai ketentuan perundang-undangan, norma dan etik kefarmasian serta nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.